42 MODEL COMMUNITY COUNSELING ISLAMI DI PESANTREN DAARUT TAUHIID BANDUNG MODEL COMMUNITY COUNSELING ISLAMI DI PESANTREN DAARUT TAUHIID BANDUNG

Main Article Content

Masfarwati Muslim Imas Kania Rahman Anung Al Hamat

Abstract

Problem psikis menjadi marak dalam kehidupan masyarakat modern. Pendidikan dan penguatan kepribadian setiap individu masyarakat akan membantu dalam kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan model community counseling (bimbingan dan konseling masyarakat) islami. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara pengamatan dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling islami bagi usia 50 tahun ke atas diimplementasikan melalui kegiatan bimbingan keagamaan dan kegiatan kelompok. Kegiatan belajar yang dilakukan bernuansa bimbingan. Pembelajaran diawali dengan memupuk pemahaman keagamaan peserta dengan belajar shalat, membaca qur’an dan akhlak. Para ustadz dan ustadzah serta musrif, musrifah adalah yang turut serta mengajar dan membimbing serta tempat mencurahkan perasaan para peserta. Mereka menekankan mencintai Allah adalah modal kehidupan bagi seorang muslim. Pelajaran pada tingkat satuan tertentu difokuskan kepada penguasaan dan kemampuan dalam menjalin hubungan dengan Allah. Para peserta dibekali berbagai ilmu agama dan tips ibadah yang khusyu.

Article Details

How to Cite
MUSLIM, Masfarwati; RAHMAN, Imas Kania; AL HAMAT, Anung. 42 MODEL COMMUNITY COUNSELING ISLAMI DI PESANTREN DAARUT TAUHIID BANDUNG. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 361, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/164>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles