39 HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASINYA DENGAN KINERJA PENDIDIK SMP DI KECAMATAN CIBINONG HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASINYA DENGAN KINERJA PENDIDIK SMP DI KECAMATAN CIBINONG

Main Article Content

Prastyo . Rahmat Rosyadi Ulil Amri Syafri

Abstract

Pendidik merupakan komponen dalam proses pendidikan. Pendidik adalah aktor utama pendidikan. Kinerja pendidik merupakan faktor dalam terlaksananya tujuan pembelajaran. Kinerja dipengaruhi faktor internal dan eksternal. Sisi internal dipengaruhi oleh kompetensinya, sisi eksternal dipengaruhi pemberdayaan, pemberian penghargaan, bantuan yang dicontohkan pimpinan untuk meningkatkan kinerja bawahan. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis: (1) hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja pendidik, (2) hubungan komunikasinya dengan kinerja pendidik, (3) hubungan secara
bersama antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasinya dengan kinerja pendidik. Penelitian dengan memakai pendekatan kuantitatif berbentuk studi korelasional. Populasi penelitian adalah pendidik di SMP di Kecamatan Cibinong yang berjumlah 783 orang. Sampel sebanyak 82 responden di empat SMPIT, yaitu SMP Al-Azhar Syifa Budi Cibinong, SMPIT Al -Madinah, SMPIT Anugerah Insani, dan SMPIP Daarul Jannah. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian didapati bahwa: (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah memperoleh nilai t hitung 2.147 > 1.994 dan nilai signifikansi 0.035 < 0.05, disimpulkan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pendidik (2) komunikasinya memperoleh nilai t hitung 2.177 >1.994 dan nilai signifikansi sebesar 0.032 < 0.05, disimpulkan komunikasinya berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pendidik, (3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasinya mendapat nilai signifikansi 0.000 < 0.05, disimpulkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasinya berpengaruh simultan terhadap kinerja pendidik. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan bagi kepala sekolah
agar mempertahankan dan meningkatkan kepemimpinan transformasional dan komunikasinya terhadap pendidik dengan menyesuaikan dengan dirinya sesuai dengan tuntutan dari keunikan lingkungan sekolahnya, karena kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasinya terhadap pendidik bertitikberat pada gaya perilaku yang disesuaikan dengan keadaan khusus. 

Article Details

How to Cite
., Prastyo; ROSYADI, Rahmat; SYAFRI, Ulil Amri. 39 HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASINYA DENGAN KINERJA PENDIDIK SMP DI KECAMATAN CIBINONG. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 334-342, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/161>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles