38 HUBUNGAN ANATARA MOTIVASI DAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK PEMBANGUNAN KOTA BOGOR HUBUNGAN ANATARA MOTIVASI DAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK PEMBANGUNAN KOTA BOGOR

Main Article Content

Kalsum . Muhyani . Budi Handrianto

Abstract

Hubungan antara Motivasi dan Konsep Diri dengan Prestasi Belajar Siswa di SMK Pembangunan Kota Bogor ,dibimbing oleh Dr. Muhyani, M.S dan Dr. Ir. H. Budi Handianto, M.Pd.I.. Sekolah adalah lembaga pendidikan dimana kepala sekolah bertanggung jawab atas keberhasilan sekolah dan guru bertanggungjawab atas keberhasilan kegiatan belajar mengajar (KBM) dikelas. Guru menentukan keberhasilan pendidikan, dengan posisi seperti itu maka peranan guru dalam meningkatkan mutu suatu lembaga pendidikan sangat dominan. Mutu pendidikan tersebut berkaitan dengan proses pembelajaran yang dilakukan oleh para guru. Guru sebagai insan pendidik, sebagai tenaga professional guru harus mampu membina membimbing, mengarahkan, mengendalikan dan mengevaluasi hasil pelaksanaan. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Hubungan Antara Motivasi dan Konsep Diri
dengan Prestasi Belajar Siswadi SMK Pembangunan Kota Bogor, maka yang ditekankan pada analisis ini adalah Hubungan Antara Motivasi dan Konsep Diri dengan Prestasi Belajar di SMK Pembangunann Kota Bogor serta analisanya. Pendekatan yang penulis pergunakan adalah pendekatan penelitian Study. Kepustakaan, yaitu teori teori yang berhubungan dengan materi penelitian dan Study lapangan, yaitu data atau dokumen dilapangan yang berkaitan dengan penelitian penulis, yaitu siswa kelas X,XI SMK Pembangunan sebagai sample. Sedangkan dalam melakukan analisa penulis menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian Hubungan Antara Motivasi dan Konsep Diri dengan Prestasi Belajar Siswa di SK Pemangunan Kota Bogor signifikan, dengan rician; Kekuatan hubungan anatar Motivasi (X1) dengan presatsi Belajar (Y) memberikan kontribusi sebesar 13,5 %, kekuatan hubungan antara (X1) dengan prestasi Belajar (Y) kontribusi sebesar 29, 7 % dan hubungan Antara Motivasi(X) dan Konsep diri(X2) bersamasama dengan Presatsi Belajar(Y) mempunyai kontribusi 35,7%. Hubungan Motivasi dan Konsep Diri dengan Prestasi Belajar sangat penting untuk dijadikan pedoman bagi di satuan pendidikan khususnya dan dunia Pendidikan pada umumnya, karena ketiga variable tersebut mempunyai keterkaitan yang bersifat kausalitas dan saling mendukung. Motivasi yang baik belum tentu dapat meningkatkan prestasi belajar apabila tidak didukung oleh konsep diri yang baik, dengan demikian hubungan antara motivasi dan konsep diri berpengaruh terhadap prestasi belajar.

Article Details

How to Cite
., Kalsum; ., Muhyani; HANDRIANTO, Budi. 38 HUBUNGAN ANATARA MOTIVASI DAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK PEMBANGUNAN KOTA BOGOR. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 324-333, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/160>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles