35 PERBEDAAN BUKU AJAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PERSPEKTIF BARAT DAN KHASANAH ISLAM PERBEDAAN BUKU AJAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PERSPEKTIF BARAT DAN KHASANAH ISLAM

Main Article Content

Wisber Wiryanto

Abstract

Disiplin ilmu pengetahuan saat ini banyak dipengaruhi oleh Barat berdasarkan paham spirit sekuler, liberal dan plural, hal ini ditemukan dalam disiplin ilmu manajemen sumber daya manusia (SDM) yang kosong dari nilai-nilai wahyu dan menimbulkan masalah sehingga perlu solusi melalui Islamisasi pengetahuan. Penelitian menggunakan metode kualitatif studi kepustakaan, dengan obyek Islamisasi pengetahuan; sedangkan subyeknya adalah buku ajar materi manajemen SDM yang digunakan di lembaga pendidikan tinggi di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data buku ajar manajemen SDM yang dijadikan sampel diawali dengan menguraikan disiplin ilmu manajemen SDM ke dalam kategori-kategori kemudian mengidentifikasi perbedaan kategori manajemen SDM Barat dan khasanah Islam. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan antara buku ajar manajemen SDM Barat dan khasanah Islam dari kategori konsep SDM sampai pensiun. Perlu upaya mengatasi perbedaan dengan melakukan Islamisasi disiplin ilmu manajemen SDM secara komprehensif. Pihak terkait yang berkepentingan di lembaga pendidikan tinggi perlu mengatasi masalah sekulerisme ilmu dengan menerapkan Islamisasi pengetahuan.

Article Details

How to Cite
WIRYANTO, Wisber. 35 PERBEDAAN BUKU AJAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PERSPEKTIF BARAT DAN KHASANAH ISLAM. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 303-310, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/157>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles