34 KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MASA DEPAN MENURUT ABUDIN NATA KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MASA DEPAN MENURUT ABUDIN NATA

Main Article Content

Wendi Wicaksono Abdul Hayyie al Kattani A. Rahmat Rosyadi

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak globalisasi. Di mana batasbatas teritorial atau wilayah suatu bangsa dan negara menjadi tidak ada lagi. Setiap individu dengan mudah berselancar ke bagian dunia manapun dengan tujuan apapun, baik tujuan positif maupun tujuan negatif. Dampak negatif yang masuk kemudian mengubah segala tatanan, baik budaya, moral, akhlak, dan sebagiannya. Salah satu cara untuk membendung segala pengaruh
negatif adalah melalui pendidikan islam. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif, dengan pendekatan studi pustaka (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berarti pemikiran Abudin Nata yang dituangkan ke dalam buku, jurnal, artikel dan lain sebagainya. Data sekunder berarti tulisan-tulisan mengenai pemikiran Abudin Nata tentang pendidikan yang ditulis oleh orang lain. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, bahwa dalam menghadapi persoalan globalisasi sikap yang tepat adalah sikap yang proporsional, yakni tidak menolak sepenuhnya tetapi juga tidak menerima sesemuanya. ketika ada yang baik diambil dan dikembangkan, sedangkan yang tidak baik dijauhi dan disingkirkan. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam mencegah dan menghindari dampak negatif globalisasi dan
dalam respons secara positif serta mengembangkan manfaat yang baik dari globalisasi.

Article Details

How to Cite
WICAKSONO, Wendi; AL KATTANI, Abdul Hayyie; ROSYADI, A. Rahmat. 34 KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MASA DEPAN MENURUT ABUDIN NATA. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 297-302, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/156>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles