33 PEMBELAJARAN HAFALAN TERJEMAH SURAT PENDEK DALAM Al-QUR’AN DENGAN METODE SUPER MEMORY SYSTEM ( SMS ) UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA-SISWI MI/SD PEMBELAJARAN HAFALAN TERJEMAH SURAT PENDEK DALAM Al-QUR’AN DENGAN METODE SUPER MEMORY SYSTEM ( SMS ) UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA-SISWI MI/SD

Main Article Content

Ulfa Futri Hasyimiyah Qissa ‘Ali

Abstract

Pembelajaran terjemah surat pendek Al-Qur’an dengan metode Super Memory System (SMS) yang mendukung keberhasilan dalam pembelajaran Al-Qur’an menjadi latar belakang diselenggarakannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran dengan pemanfaatan metode Super Memory System (SMS) dalam pembelajaran terjemah surat pendek dalam Al-Qur’an pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar PAI di Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Siliwangi Bandung. Pemanfaatan metode Super Memory System (SMS) ini merupakan sebuah kombinasi pembelajaran blended learning dari berbagai pendekatan di dalam pembelajaran, dalam hal ini pembelajaran konvensional dipadukan dengan pembelajaran berbasis lngatan dengan memanfaatkan visual, audio dan kinestetik guru dan siswa dalam rangka membantu meningkatakan motivasi menghafal terjemah Al-Qur’an. Kreatifitas guru dalam mengembangkan bahan ajar dituntut semaksimal mungkin untuk mewujudkan capaian indikator pembelajaran dan membuat siswa lebih mencintai Al-Qur’an dengan menghafal terjemahnya. Maka dari itu sudah saatnya untuk terjadi perubahan dalam cara menghafal terjemah Al-Qur’an yang tepat dan melekat dalam ingatan sebagai salah satu faktor yang mendukung kesuksesan pembelajaran.

Article Details

How to Cite
QISSA ‘ALI, Ulfa Futri Hasyimiyah. 33 PEMBELAJARAN HAFALAN TERJEMAH SURAT PENDEK DALAM Al-QUR’AN DENGAN METODE SUPER MEMORY SYSTEM ( SMS ) UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA-SISWI MI/SD. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 289-296, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/155>. Date accessed: 21 june 2021.
Issue
Section
Articles