32 MANAJEMEN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DI SMPIT AT-TAUFIQ (STUDI KASUS) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DI SMPIT AT-TAUFIQ (STUDI KASUS)

Main Article Content

Ujang Wahyudin E Bahruddin Maemunah Sa’diyah

Abstract

Tulisan ini akan membahas manajemen kepemimpinan pendidikan Islam (kepala sekolah) di SMPIT At-Taufiq. Pembahasannya dimulai dari tinjauan teoretis pengertian manajemen, apa yang diatur di dalam manajemen? Kenapa harus diatur? Dan bagaimana cara mengaturnya?. Selain itu akan dibahas juga terkait pentingnya manajemen. Pada tulisan ini juga membahas tentang kepemimpinan dalam Islam, dan kepemimpianan dalam perspektif fiqih siyasah
syar’iyyah, dan membahas juga tentang pengertian pendidikan Islam. Pada tulisan ini akan dijelaskan peran Kepala SMPIT At -Taufiq yang bertanggung jawab untuk kelancaran/keberhasilan semua urusan manajemen sekolah secara formal kepada yayasan/dewan direksi atau secara informal kepada masyarakat atau orangtua murid. Selain itu dibahas pula terkait kemampuan dan kelemahan kepala SMPIT At -Taufiq dalam menjalankan manajemen kepemimpinannya di SMPIT At-Taufiq untuk meningkatkan potensi dan kompetensinya yang terbaik yang dimiliki oleh pendidik/guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadi (SMPIT At-Taufiq). Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui observasi dan studi dokumentasi, wawancara secara mendalam, observasi langsung terkait manajamen kepemimpinan kepala sekolah, dan observasi lembaga terkait manajemen kepemimpinan lembaga Islamic Centre At Taufiq yang membawahi SMPIT At-Taufiq.

Article Details

How to Cite
WAHYUDIN, Ujang; BAHRUDDIN, E; SA’DIYAH, Maemunah. 32 MANAJEMEN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DI SMPIT AT-TAUFIQ (STUDI KASUS). PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 280-288, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/154>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles