30 NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA BUKU TEKS FISIKA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN NASIONAL NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA BUKU TEKS FISIKA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN NASIONAL

Main Article Content

Suharsih . Hasbi Indra Wido Supraha

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah proses yang mempunyai andil besar tidak saja berfungsi sebagai transfer pengetahuan melainkan juga sebagai sarana penanaman nilai kepada peserta didik. Karenanya segenap aspek pendidikan harus memiliki misi penanaman nilai-nilai luhur di masyarakat, baik nilai -nilai sosial maupun nilai-nilai keimanan. Transfer pengetahuan tak bisa dilepaskan dari keberadaan buku teks. Begitu besarnya peran buku teks sehingga setiap
tingkatan pendidikan selalu terkait dengan penggunaan buku teks. Sebagai bagian dari komponen pendidikan, maka buku teks berperan penting selain sebagai gudang ilmu pengetahuan juga harus berperan sebagai agen nilai. Baik ilmu pengetahuan maupun pendidikan nilai yang berasal dari buku tersebut selanjutnya ditransfer kepada peserta didik. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana nilai-nilai pendidikan Islam terkandung dalam buku teks Fisika serta relevansinya dengan tujuan pendidikan Nasional. Metode yang digunakan adalah penelitian deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya kandungan nilai-nilai pendidikan Islam pada buku teks Fisika sehingga buku teks tersebut dapat sejalan dengan tujuan Pendidikan Nasional kita yaitu mewujudkan manusia yang beriman serta berakhlak mulia.

Article Details

How to Cite
., Suharsih; INDRA, Hasbi; SUPRAHA, Wido. 30 NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA BUKU TEKS FISIKA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN NASIONAL. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 265-274, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/152>. Date accessed: 21 june 2021.
Issue
Section
Articles