27 IMPLEMENTASI SURAT LUKMAN AYAT 12-19 DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA SDIT PONDOK DUTA IMPLEMENTASI SURAT LUKMAN AYAT 12-19 DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA SDIT PONDOK DUTA

Main Article Content

Rufidah . Muhyani . Ulil Amri Syafri

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan bentuk implementasi pendidikan akhlak yang sesuai dengan Al Qur’an, surat Lukman. Ada sebelas dimensi akhlak sebagai indikator pembentukan akhlak dasar dalam surat Lukman [31] : 12-19) yaitu bersyukur, tidak menyekutukan Allah, berbakti dan berterimakasih kepada orang tua, ketaa’atan mutlak hanya kepada Allah, merasakan adanya pengawasan Allah, menegakkan solat, mengajak manusia melakukan kebaikan serta mencegah dari keburukan, bersabar, tidak sombong, sederhana dan bersikap santun, dan melunakkan suara. Penelitian ini termasuk dalam deskriptif kualitatif dengan cara melakukan pengamatan di lapangan dan study library. Penelitian ini mengambil data dengan cara observasi dan wawancara kepada subjek penelitian, yaitu guru Pendidikan Agama Islam, praktisi pendidikan, dan orang tua siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, Depok. Subjek penelitian ini merupakan sosok yang sangat bersinggungan dengan pembelajaran materi pendidikan akhlak siswa. Dalam pembentukan akhlak, diperlukan pengembangan metode pembelajaran dan penanaman akhlak, sehingga terpenuhi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Tidak hanya sebatas membanggakan tingginya nilai akademis, tetapi diharapkan siswa dan guru sadar akan keharusan berakhlakul karimah sebagai sikap spontan yang hadir pada keseharian dan terinternalisasi pada kepribadian siswa. Prosesnya dimulai dengan melibatkan partisipasi lingkungan belajar terutama orangtua dan guru. Proses pendidikan akhlak ini juga dilakukan dengan menggabungkan penanaman nilai akhlak kepada Allah (keimanan) dan juga nilai kepada sesama manusia dalam bentuk keteladanan guru/orangtua (qudwah), pembiasaan, pemberian nasihat dan perhatian serta pemberian hukuman yang tepat akan dapat menginspirasi siswa. Nilai pembentukan akhlak yang efektif dari Dr. Nashih Ulwan juga dijadikan landasan untuk menciptakan model pembelajaran yang baik untuk mengimplementasikan nilai akhlak yang dilakukan oleh guru dan orang tua.

Article Details

How to Cite
., Rufidah; ., Muhyani; SYAFRI, Ulil Amri. 27 IMPLEMENTASI SURAT LUKMAN AYAT 12-19 DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA SDIT PONDOK DUTA. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 238-248, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/149>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles