26 MANAJEMEN KELAS DI SEKOLAH TAHFIDZ MANAJEMEN KELAS DI SEKOLAH TAHFIDZ

Main Article Content

Roidatul Khabibah Ibdalsyah . Nirwan Syafrin

Abstract

Anak-anak pengahafal al-Qur’an memiliki tanggungjawab agung di pundaknya. Dunia anakanak penghafal al -Qur’an tidak sama dengan anak-anak sekolah pada umumnya. Termasuk dunia yang mereka geluti setiap hari, yaitu dunia kelas. Mereka membutuhkan manajemen kelas khusus yang mendukung karakter mereka sebagai penghafal al-Qur’an. Diantaranya;pertama, bagaimana mengolah situasi belajar-mengajar yang efektif untuk anak-anak penghafal alQur’an. Kedua, bagaimana menumbuhkan situasi sosio -emosional yang baik antar siswa, atau antara guru dan siswa. Ketiga, bagaimana menciptakan situasi organisasi kelas yang kondusif untuk anak-anak penghafal al-Qur’an. Demikian jelas, Perlu kiranya diskursus penelitian ilmiah mengenai manajemen kelas khusus untuk sekolah tahfidz al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah library Research, dengan pendekatan grounded theory dan metode penelitian deskriptif-analitik . Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Komponen pengelolaan kelas di sekolah tahfidz al-Qur’an pada intinya sama dengan komponen kelas di sekolah umumnya, hanya saja ada tambahan beberapa substansi yang mendukung program tahfidz anak. Diantaranya; dalam
mendisplay kelas, bimbingan kepada anak supaya berakhlak Qur’ani, dan mengkolaborasikan
hafalan mereka ke dalam organisasi kelas secara intens.

Article Details

How to Cite
KHABIBAH, Roidatul; ., Ibdalsyah; SYAFRIN, Nirwan. 26 MANAJEMEN KELAS DI SEKOLAH TAHFIDZ. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 232-237, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/147>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles