24 HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA

Main Article Content

Nurdin Kurnia Ibdalsyah . Muhyani .

Abstract

Pendidikan Al Qur’an tak terlepas dari pengajaran orang tua di rumah dan guru di sekolah. Tanggung jawab utama terhadap pendidikan anak ada pada orang tua melalui pengasuhannya, kemudian setelah anak masuk dunia pendidikan formal dalam hal ini sekolah juga turut
bertanggungjawab terhadap pendidikan anak didiknya. Tulisan ini bertujuan mengetahui bagaimana hubungan pola asuh orang tua dan kompetensi guru di sekolah terhadap kemampuan membaca Al Qur’an siswa serta mengetahui dan menganalisis seberapa besar
hubungan pola asuh penajaranorang tua di rumah terhadap kemampuan membaca Al Qur’an siswa. Penelitian ini dengan melakukan pendekatan kuantitatif dalam bentuk studi korelasional (Corelational study). Bertujuan ingin mengetahui hubungan variabel pola asuh orang tua dan kompetensi guru terhadap kemampuan membaca Al Qur’an siswa. Hasil dari pengujian hipotesa atau model penelitian SPSS versi 24 menunjukkan bahwa terdapat hubungan
signifikan antara: 1). Pola pengasuhan orang tua dengan kemampuan membaca Al Qur’an siswa; 2). Kompetensi guru di sekolah terhadap kemampuan membaca Al Qur’an siswa; 3). Pola asuh orang tua dan kompetensi guru di sekolah terhadap kemampuan membaca Al Qur’an siswa memberikan pengaruh.

Article Details

How to Cite
KURNIA, Nurdin; ., Ibdalsyah; ., Muhyani. 24 HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 210-2019, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/145>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles