21 KREATIFITAS GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 KREATIFITAS GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Main Article Content

Munakhiroh El Hajar Zainal Abidin Arief Muhyani .

Abstract

Tujuan Pendidikan Nasional merupakan usaha mencerdaskan dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yang harus dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa untuk menggapai kesempurnaan menjadi insan yang memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, berilmu pengetahuan, berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, kreatif dan berketrampilan, cakap, berkepribadian yang mandiri, serta menjadi warga Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pengembangan dan penentuan kurikulum merupakan faktor utama dalam
pencapaian tujuan pendidikan itu sendiri. Kurikulum terbaru atau kurtilas ini tidak jauh berbeda dari apa yang sudah diterapkan dan ini merupakan pengejawantahan dari yang sebelumnya yakni kurikulum KTSP. Tujuan dari telaah ini adalah mengkaji tentang kreativitas guru mata pelajaran PAI dalam penerapan kurikulum 2013. Demi tercapainya tujuan tersebut penulisan karya ilmiah ini ditulis dengan melakukan penelitian secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan library research dan diskriptif. Sedangkan subjek penelitiannya adalah sang peneliti dengan sistem literasi. Hasil yang diperoleh mendiskripsikan bahwa : Implementasi Kurikulum 2013 menuntut guru kreatif yang mampu melihat segala perubahan yang terjadi. Yang meletakkan subyeknya adalah siswa sendiri (student centre) dalam proses pembelajarannya. Guru kreatif adalah pendidik yang bisa menguasai kelas dan bisa mendesain dan mengaplikasikan model, metode, dan variasi mengajar sehingga membuat siswa unggul, memiliki kreatifitas dan produktif di lingkungan kelas.

Article Details

How to Cite
HAJAR, Munakhiroh El; ARIEF, Zainal Abidin; ., Muhyani. 21 KREATIFITAS GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 186-194, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/142>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles