20 KONSEP PENDIDIKAN ISLAM AN NADWI DALAM MENANGKAL LIBERALISASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM AN NADWI DALAM MENANGKAL LIBERALISASI

Main Article Content

M Abduh Al Mannar Abas Mansur Tamam Ulil Amri Syafri

Abstract

Abu Hasan Ali Al Hasani An Nadwi seorang tokoh pembaharu dan pemikir Islam Abad ke 20 berkebangsaan Hindustan. Namun, bila menelusuri silsilah keturunannya ternyata sampai kepada Ali bin Abi Thalib. Hatinya terusik saat melihat banyaknya umat Islam khususnya pendidikan Islam yang mengikuti pola pikir dan budaya Barat. Kiranya akan sangat bermanfaat bila menelusuri jejak pemikirannya terhadap pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini guna mengungkapkan konsep pemikirannya tentang konsep pendidikan Islam serta pandangannya terhadap peradaban Barat. Metodologi penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif dengan jenis library research dengan mengumpulkan dan menganalisis dari berbagai sumber primer dan sekunder. Penelitian ini menunjukkan bahwa umat Islam harus keluar dari paham budaya barat dengan melihat kembali tujuan pendidikan Islam yang hakikatnya menciptakan generasi yang berwawasan luas dan berakhlak mulia serta memiliki keimanan yang kuat sebagai bentuk penghambaannya kepada Allah Swt. Beliau pun mengungkapkan bahwa kurikulum, pendidik dan peserta didik haruslah bernafaskan Islam dengan memahami akan peran masing-masing dalam mencapai tujuan pendidikan Islam yang berorientasi kepada ketuhanan, kemanusiaan dan kealaman.

Article Details

How to Cite
MANNAR, M Abduh Al; TAMAM, Abas Mansur; SYAFRI, Ulil Amri. 20 KONSEP PENDIDIKAN ISLAM AN NADWI DALAM MENANGKAL LIBERALISASI. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 177-185, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/140>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles