19 REGULASI DIRI UNTUK MENGGAPAI PRESTASI AKADEMIK SISWA REGULASI DIRI UNTUK MENGGAPAI PRESTASI AKADEMIK SISWA

Main Article Content

Muhammad Thohirudin Herawati . Santi Lisnawati

Abstract

Regulasi diri adalah komitmen seseorang individu untuk menggapai potensi diri seseorang. Sedangkan prestasi akademik berarti hasil dari proses yang dike rjakan seseorang siswa, buah dari ketekunan, kegigihan dan kesabaran dalam meraih tujuan. tujuan dari penelitian ini dimaksudkan yaitu untuk mengetahui tatanan regulasi diri dan tatanan prestasi belajar siswa. Kemudian daripada itu, peneliti juga ingin mengetahui bagaimana kontribusi regulasi diri siswa dalam menggapai prestasi akademik disekolah, mengingat renda hnya prestasi belajar siswa yang saat ini perlu menjadi perhatian khusus. Kemudian dalam hal ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif —deskriptif dengan library research. Dari hasil pembahasan didapatkan temuan yaitu regulasi diri dapat muncul dari motivasi, baik berasal
dari diri sendiri atau orang lain. Sedangkan presrtasi akademi siswa akan mudah dicapai apabila seorang siswa mampu mengendalikan diri untuk menjadikan siswa lebih giat,ulet dan tekun dalam menggapai prestasi yang akan dicapai oleh siswa tersebut. Diketahui juga bahwa regulasi diri terhadap siswa berhubungan kuat terhadap capaian prestasi akademik, dimana semakin kuat motivasi diri semakin mudah meraih prestasi. Kemudian dalam kajian implementasinya, untuk menumbuhkan regulasi diri yang baik dapat dilakukan dengan cara memberikan motivasi kepada siswa oleh guru, yaitu untuk menumbuhkan minat, semangat dan tujuan siswa.

Article Details

How to Cite
THOHIRUDIN, Muhammad; ., Herawati; LISNAWATI, Santi. 19 REGULASI DIRI UNTUK MENGGAPAI PRESTASI AKADEMIK SISWA. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 171-176, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/139>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles