18 KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DAN AKHLAK SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DAN AKHLAK SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

Main Article Content

Merri Yulia M Endin Mujahidin Akhmad Alim

Abstract

Tujuan pendidikan Nasional adalah membentuk generasi yang memiliki karakter yang baik dan berakhlak mulia. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengkaji konsep pendidikan karakter dan akhlak Syed Muhammad Naquib Al-Attas sebagai tokoh pendidikan di zaman Islam kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Pendidikan karakter dan pendidikan akhlak sama-sama membentuk pribadi manusia yang baik, tetapi dalam pendidikan akhlak lebih mengutamakan Iman manusia. Syed M. Naquib Al-attas menggunakan konsep ta’dib yaitu menanamkan adab yang baik untuk membentuk kepribadian yang terpuji pada manusia melingkupi kebiasaan, tabiat dan perilaku.

Article Details

How to Cite
M, Merri Yulia; MUJAHIDIN, Endin; ALIM, Akhmad. 18 KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DAN AKHLAK SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 163-170, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/138>. Date accessed: 21 june 2021.
Issue
Section
Articles