17 MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA ISLAMI DI SMP ISLAM MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA ISLAMI DI SMP ISLAM

Main Article Content

Marhali . Abas Mansur Tamam Budi Handrianto

Abstract

Adanya budaya islam di tengah-tengah kehidupan sekolah atau pendidikan itu sangat penting untuk membentuk sikap dan sifat peserta didik secara tidak langsung. Seorang kepala sekolah menjadi tolok ukur dalam menuju kualitas dan kemajuan lembaga pendidikan. apalagi dalam peningkatan budaya islam sangat relevan dan maksimal untuk pengembangan budaya yang bersifat islami di sekolah. Artikel ini adalah tentang karakteristik budaya islami, bagaimana seorang pimpinan sekolah bisa membentuk dan mengembangkan budaya yang bersifat islami di sekolahnya tersebut dan mendapat dukungan penuh dari warga sekitar sekolah dalam menjadikan budaya islam sebagai budaya utama. Proses manajemen mengikuti langkah- langkah POAC (planning, organizing, actuating and controlling). Kebudayaan yang Islami di sekolah Islam dapat mengenalkan dan mencetak syariat agama Islam sehingga pada proses perkembangan anak didik nantinya senantiasa berpegang teguh terhadap nilai- nilai syariat agama Islam dan dapat mencetak akhlaqul karimah peserta didik, selain itu dapat mewujudkan nilai-nilai ajaran agama islam sebagai suatu sikap dan prilaku yang sudah menjadi rutinitas diterapkan di lembaga pendidikan Islam. Budaya islami di sekolah itu adalah suatu kondisi lingkungan sekolah yang istiqomah atau kontinyu melakukan nilai-nilai islami baik dalam tutur kata, sikap dan kegiatan warga sekolah. Peran Kepala sekolah sangatlah diperlukan dalam membawa keberhasilan lembaga pendidikan yang berbudaya islami, terutama dalam membangun kultur sekolah yang kondusif untuk pengembangan berbudaya islami di sekolah. Seorang kepala sekolah yang mampu membentuk sekolahnya memiliki culture atau budaya yang islami tentu akan menciptakan ruh sekolah yang islami pula. Kepala sekolah yang mampu mengembangkan budaya yang islami di sekolah ; yakni dengan menerapkan strategi yang dimilikinya untuk mengembangkan budaya yang islami di sekolah, sehingga dapat dikatakan kepala sekolah demikian telah berhasil untuk menjadi kepala sekolah yang berkualitas.

Article Details

How to Cite
., Marhali; TAMAM, Abas Mansur; HANDRIANTO, Budi. 17 MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA ISLAMI DI SMP ISLAM. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 153-162, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/137>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles