16 MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Main Article Content

Mahmudin . Hasbi Indra Wido Supraha

Abstract

Sebagaimana organisasi industri, organisasi jejaring sekolah terpadu dengan nama JSIT nya, memiliki “costemers” atau pelanggan dari hasil didik. Adapun costemers tersebut merupakan internal pelanggan tersebut, yaitu pemakai dan pengguna dalam rangkaian pelaksanaan hasil, dan eksternal pelanggan , yaitu pemakai hasil akhir atau produk lulusan dari proses yang terjadi. Pada institusi pendidikan atau sekolah Islam bisa dikelompokan menjadi institusi produksi yang terhormat “noble Industry”karena mengemban misi ganda, yaitu profit sekaligus sosial. . Misi profit yaitu, guna mendapatkan laba, ini bisa dikatakan memiliki tujuan untuk meneruskan estafet dan memasukan nilai-nilai tertinggi. Orientasi berikutnya adalah akan dapat diperoleh secara tertinggi jika institusi pendidikan berbasis keislaman tersebut mendapatkan sumber pokok human capital dan social capital yang mencukupi dan memiliki status yang berdaya guna dan tepat guna yang tinggi pula. Sistem manajemen terpadu pendidikan dalam sekolah Islam terpadu merupakan kegiatan yang berkesinambungan, sistematis, dan integratif. Kegiatan proses itu diawali dari perencanaan, strukturisasi, pergerakan, sampai kepada mutaabaah atau evaluasi yang seluruhnya senantiasa dilandasi dengan hasanah Islam, untuk manajemen demikian dapat secara langsung memiliki kode etik secara material dan spiritual. Manjemen mutu dalam Islam salah satu perwujudan dari nilai- nilai kebaikan dalam Islam, yaitu perbuatan mulia untuk seluruh urusan diakibatkan Allah sudah mengirimkan hal-hal yang terbagus untuk makhluknya dengan beragam kenikmatan yang diberikannya dan diharamkan melakukan kerusakan dalam bentuk apapun. Seorang manajer atau top leader disekolah Islam wajib berikhtiar secara sungguh-sungguh dan istiqomah terhadap upaya-upaya dan bukti nyata yang berkualitas atau yang terbaik, sejalan dengan nilai- nilai ihsan yang ada

Article Details

How to Cite
., Mahmudin; INDRA, Hasbi; SUPRAHA, Wido. 16 MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 144-152, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/135>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles