15 PERANAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN PERATURAN PESANTREN TERHADAP MUTU PENDIDIKAN (STUDI ANALISIS DI PONDOK PESANTREN BAITUSSALAM BOGOR) PERANAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN PERATURAN PESANTREN TERHADAP MUTU PENDIDIKAN (STUDI ANALISIS DI PONDOK PESANTREN BAITUSSALAM BOGOR)

Main Article Content

Jamal . H. Ibdalsyah H. Hasbi Indra

Abstract

Sebagai bagian dari masyarakat, pesantren dengan komponen utamanya yaitu kiai, santri, masjid, pondok, dan kitab kuning sudah menjadi sub-kultur yang diakui eksistensinya. Oleh karena itu, meskipun adanya kemajuan dan globalisasi, pesantren masih tetap bertahan. Selain itu, pondok pesantren adalah lembaga pendidikan formal berbasis agamis dengan peserta didik atau santri yang memiliki latar belakang pola asuh yang beragam dari keluarga dan masyarakatnya. Di pondok pesantren santri dihadapkan pula pada sejumlah tata tertib yang wajib untuk dipatuhi dan berbeda dengan sekolah pada umumnya serta tuntutan mutu pendidikan yang juga harus dipenuhi. Peraturan yang berada di dalamnya mencakup tata tertib terkait kegiatan pendidikan maupun tata tertib yang mengatur kegiatan sehari- hari dalam
kehidupan pesantren. Penelitian ini melibatkan pimpinan pesantren, kepala sekolah, dewan guru, santri, dan orangtua yang memegang peran penting dan merasakan manfaat dari lingkungan belajar dan peraturan pesantren terhadap mutu pendidikan di pondok pesantren
Baitussalam Bogor. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah lingkungan belajar dan peraturan pesantren berperan terhadap mutu pendidikan di Pesantren Baitussalam dengan menggunakan penelitian kualitatif serta pendekatan induktif yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai data lalu membuat kesimpulan.

Article Details

How to Cite
., Jamal; IBDALSYAH, H.; INDRA, H. Hasbi. 15 PERANAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN PERATURAN PESANTREN TERHADAP MUTU PENDIDIKAN (STUDI ANALISIS DI PONDOK PESANTREN BAITUSSALAM BOGOR). PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 129-143, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/134>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles