14 PENDIDIKAN SPIRITUAL QUOTIENT ISLAMI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL PENDIDIKAN SPIRITUAL QUOTIENT ISLAMI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

Main Article Content

Lodiono Ansori Aziz Hasbi Indra Abdul Hayyie Al-Kattani

Abstract

Peserta didik sebagai generasi penerus perjuangan bangsa yang hidup pada masa globalisasi pada saat ini, semakin menghadapi persoalan yang rumit dan kompleks. Kondisi ini merupakan sebuah kondisi tidak terjadinya integrasi antara hati dan otak. Berbagai persoalan moral pada masa sekarang adalah buah dari merosotnya spiritual yang terdapat dalam diri seseorang. Dengan persoalan tersebut perlu kiranya menyembuhkan kemerosotan spiritual seseorang dengan memberikan pendidikan yang akan meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan jiwa. Kecerdasan yang dapat menolong diri seseorang untuk menyehatkan dan membangun dirinya secara utuh. Untuk itu penelitian yang dilakukan bertujuan untuk dapat mengetahui relevansi antara pendidikan spiritual quotient dengan tujuan
Pendidikan Nasional. Metode penelitian yang dipakai ialah penelitian deskripsi kualitatif yaitu kajian pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkannya pendidikan spiritual quotient Islami sangat berkorelasi dengan tujuan Pendidikan Nasional yaitu untuk mengembangkan potensi siswa supaya menjadi insan yang taat dan patuh kepada Allah جل جلاله, memiliki akhlak mulia, sehat, memiliki ilmu pengetahuan, cakap, kreatif, mandiri, menjadi warga negara berdemokrasi dan penuh tanggung jawab.

Article Details

How to Cite
AZIZ, Lodiono Ansori; INDRA, Hasbi; AL-KATTANI, Abdul Hayyie. 14 PENDIDIKAN SPIRITUAL QUOTIENT ISLAMI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 119-128, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/133>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles