13 KONSEP PENDIDIKAN KEIMANAN MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN BAGI ANAK USIA DINI KONSEP PENDIDIKAN KEIMANAN MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN BAGI ANAK USIA DINI

Main Article Content

Lina Najwatur Rusydi Imas Kania Rahman E. Bahruddin

Abstract

Keimanan merupakan perkara asasi bagi seorang Muslim. Iman menjadi pembeda dengan kekufuran. Kualitas keimanan juga menentukan kualitas amal perbuatan seseorang. Penelitian ini bertujuan mengkaji urgensi pendidikan keimanan bagi anak usia dini dan mengkaji konsep pendidikan keimanan bagi anak usia dini. Penelitian ini dilakukan berbasis analisa pustaka (library research) dengan sumber utama yaitu kitab karya Abdullah Nashih Ulwan yang berjudul ‘Mendidik Anak dalam Islam’ (Tarbiyatul Aulad fil Islam). Adapun data sekunder berupa buku-buku, artikel, jurna l, dan dokumen lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Peneliti menganalisa data melalui tiga tahapan. Pertama, mereduksi data. Kedua, menyajikan data dalam bentuk laporan tertulis. Ketiga, menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pendidikan keimanan bagi anak usia dini memegang peranan yang vital dan krusial bagi pembentukan generasi Muslim yang berkualitas. Selanjutnya, konsep pendidikan keimanan bagi anak usia dini menurut Abdullah Nashih Ulwan, terangkum dalam lima poin. Pertama, tidak membebani anak dengan pengajaran dan pelaksanaan syariat. Syariat bagi anak usia dini hanya sebatas informasi awal (ma’lumat tsabiqoh). Boleh membiasakan anak dengan
pelaksanaan syariat namun dengan cara yang lembut dan tidak memaksa. Kedua, menanamkan keimanan dengan merangsang pemikiran dan selalu menggunakan argumentasi logis dalam menjawab pertanyaan atau membuat pernyataan. Ketiga, menjadikan benda, peristiwa, dan alam sekitar sebagai media untuk merangsang pemikiran anak. Selalu mengaitkan benda, peristiwa, dan alam dengan keimanan. Keempat, menekankan pentingnya keteladanan, kesabaran, dan ketekunan. Terakhir atau kelima, pendidikan keimanan dinilai berhasil apabila anak selalu ingat Allah dalam perbuatan, perasaan, dan pemikirannya. Dengan demikian, target
pendidikan keimanan mencakup target aqliyah dan target nafsiyah

Article Details

How to Cite
RUSYDI, Lina Najwatur; RAHMAN, Imas Kania; BAHRUDDIN, E.. 13 KONSEP PENDIDIKAN KEIMANAN MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN BAGI ANAK USIA DINI. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 105-118, mar. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/132>. Date accessed: 21 june 2021.
Issue
Section
Articles