11 BIMBINGAN DAN KONSELINGUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK ANAK USIA DINI BIMBINGAN DAN KONSELINGUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK ANAK USIA DINI

Main Article Content

Kumala Sari Imas Kania Rahman Santi Lisnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan program bimbingan dan konseling yang akan dapat digunakan oleh orang tua, dan pembimbing atau guru dalam meningkatkan keterampilan motorik anak. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis pendekatan library research (studi kepustakaan), Sedangkan sumber data yang ada dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya dengan cara mengelompokkan data pada sebuah kategori, dan menjelaskan ke dalam bagian-bagian, melakukan uji hasil, serta membuat sebuah pola dengan memilah milih yang penting sehingga ditariklah sebuah kesimpulan. Sedangkan hasil penelitian adalah: Pertama, bahwa bimbingan dan konseling untuk anak usia dini adalah layanan bantuan yang dijalankan oleh pendidik (guru atau pendamping) kepada anak usia dini dalam mengembangkan perkembangan anak agar dapat berkembang sesuai potensinya serta
memiliki kemampuan mengatasi permasalahan yang dihadapinya. Kedua, konsep dalam
pengembangan motorik anak usia dini ialah suatu proses kegiatan yang mendorong anak usia dini untuk bersikap mandiri dan berdikari. Ketiga, layanan bimbingan dan konseling yang focus pada kebutuhan setiap anak. Setiap layanan kegiatan pengembangan disesuaikan dengan dunia anak.

Article Details

How to Cite
SARI, Kumala; RAHMAN, Imas Kania; LISNAWATI, Santi. 11 BIMBINGAN DAN KONSELINGUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK ANAK USIA DINI. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 90-97, aug. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/130>. Date accessed: 21 june 2021.
Issue
Section
Articles