7 KURIKULUM ISLAMI PAUD MELALUI PENDEKATAN AL-QABISI KURIKULUM ISLAMI PAUD MELALUI PENDEKATAN AL-QABISI

Main Article Content

Fina Septia Fajri Ruhenda . Imas Kania Rahman

Abstract

PAUD yang belakangan ini mulai semarak digalakkan di mana-mana sebenarnya merupakan pendidikan postnatal yang sudah di kenalkan dalam ajaran Islam. Kurikulum yaitu rancangan pendidikan yang mempunyai kedudukan yang cukup strategis dalam seluruh kegiatan belajar mengajar, yang juga
menentukan proses dan pelaksanaan serta hasil pendidikan. Karena begitu pentingnya peran kurikulum dalam proses belajar mengajar dan dalam perkembangan pendidikan serta kehidupan peserta didik maka pengembangan kurikulum harus dilaksanakan secara terencana dan tidak sembarangan. Oleh sebab itu
harus ada suatu pemikiran islami untuk mengembangkan kurikulum agar pendidikan yang ada tidak asal-asalan. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha mengunakan pendekatan kurikulum Al Qabisi yang merupakan tokoh ahli hadist dan seorang pemerhati pendidikan yang hidup pada masanya Pada prinsipnya pengembangan kurikulum pendidikan Islam tidak hanya berhenti dalam tekstual normatif saja, perlu pengkajian yang mendalam dari berbagai aspek, baik sosiologis, geografis, maupun falsafah bangsa itu sendiri. Sangat tidak mungkin menetapkan kurikulum pendidikan atau metode mengajar dan tujuan pendidikan berdasarkan satu aspek saja. Pendidikan yang maju dalam perspektif al - Qabisi
tercermin dari terwujudnya lingkungan keagamaan di berbagai disetiap lingkungan tempat tinggal kekuasaan Islam ketika itu. Pada prinsipnya beliau menetapkan konsep pendidikan yang menjadi pedoman di masanya.

Article Details

How to Cite
FAJRI, Fina Septia; ., Ruhenda; RAHMAN, Imas Kania. 7 KURIKULUM ISLAMI PAUD MELALUI PENDEKATAN AL-QABISI. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 52-58, aug. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/125>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles