5 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TAHFIDZ AL-QUR’AN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TAHFIDZ AL-QUR’AN

Main Article Content

Deddi Effendi Nirwan Syafrin Ulil Amri Syafri

Abstract

Pendidikan, yang diharapkan bisa menjadi tombak kemajuan suatu bangsa, ternyata belum sepenuhnya bisa terealisasi dengan baik. Prestasi akademik pelajar semakin merosot, bakat individu tidak tersalurkan, dan moralitas yang semakin hari, semakin memprihatinkan adalah sebagian produk gagal yang dihasilkan oleh sistem pendidikan saat ini, oleh sebab itu, perlunya revitalisasi konsep dan teori pendidikan karakter Islami menjadi suatu kewajiban yang harus segera dituntaskan, agar seluruh teori yang terdapat dalam pendidikan karakter murni berasal dari ajaran Islam, salah satunya dengan menggunakan konsep pendidikan karakter berbasis tahfidz al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dan bersifat deskriptif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan beberapa temuan tentang implementasi pendidikan karakter berbasis tahfidz al-Qur’an. Penelitian ini mentitikberatkan pada integerasi tahfidz al-Qur’an dalam membentuk karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, sabar, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan dan peduli social.

Article Details

How to Cite
EFFENDI, Deddi; SYAFRIN, Nirwan; SYAFRI, Ulil Amri. 5 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TAHFIDZ AL-QUR’AN. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 40-46, aug. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/123>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles