2 KONSEP TELADAN GURU MEMBENTUK AKHLAQ SISWA MENURUT IMAM GHOZALI DALAM KITAB IHYA ‘ULUMUDDIN KONSEP TELADAN GURU MEMBENTUK AKHLAQ SISWA MENURUT IMAM GHOZALI DALAM KITAB IHYA ‘ULUMUDDIN

Main Article Content

Agan Suhayat Didin Saefudin Buhori Ibdalsyah .

Abstract

Pendidik adalah faktor paling penting dalam sebuah proses kegiatan belajar mengajar. Sebaik apapun metode dan kurikulum yang digunakan, tanpa keterampilan guru mendidik mustahil tujuan pendidikan akan tercapai. Karenanya, guru harus bisa memberikan keteladanan yang baik kepada murid-murid. Tujuan dari penelitian yang saya lakukan ini adalah untuk dapat mengetahui konsep yang dikemukakan Imam Ghozali dalam kitabnya Ihya Ulumiddin tentang bagaiman teladan guru berpengaruh pada akhlaq murid. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah library research. Untuk jenis penelitiannya adalah studi pustaka terhadap satu buku inti yaitu kitab Ihya Ulumiddin dan buku lain yang dianggap menjadi penunjang dalam penelitian ini. Hasilnya ditemukan adalah satu konsep tentang sikap teladan yang mestinya dimiliki oleh para guru dalam rangka melaksanakan pendidikan bimbingan akhlak pada siswa atau murid-muridnya. Yakni bahwa pada diri seorang guru harus ada rasa kasih sayang terhadap anak didiknya, zuhud atau tidak semata-mata bertujuan kepada harta, selalu menasihati kepada siswa, bisa mencegah perbuatan tercela, menghormati disiplin ilmu bukan yang dia ampu, memahami kemampuan murid dan menjadilah dia teladan bagi setiap muridnya

Article Details

How to Cite
SUHAYAT, Agan; BUHORI, Didin Saefudin; ., Ibdalsyah. 2 KONSEP TELADAN GURU MEMBENTUK AKHLAQ SISWA MENURUT IMAM GHOZALI DALAM KITAB IHYA ‘ULUMUDDIN. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 14-24, aug. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/120>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles