1 HUBUNGAN PERSPEKTIF SISWA TENTANG METODE DISKUSI DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUBUNGAN PERSPEKTIF SISWA TENTANG METODE DISKUSI DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Main Article Content

Abdul Hakim H. Ibdalsyah H. Hasbi Indra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data mengenai perspektif siswa tentang metode diskusi dan minat belajar dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMK Izzatul Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan induktif. Yaitu pendekatan yang dilakukan melalui pengumpulan berbagai data lalu membuat kesimpulan.Teknik penelitian yang digunakan adalah tes dan angket. Sampel yang digunakan 60 siswa sebagai sampel penelitian dengan teknik proposional random sampling dari seluruh siswa kelas X, XI, XII Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor.Hasil perhitungan analisis korelasi ganda menunjukan adanya hubungan positif antara metode diskusi dan minat belajar dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam. dengan koefesien korelasi R = 0,995 berarti hubungan variabel X1 dan X2 secara bersama- sama dengan variabel Y mendapatkan hasil yang sangat baik atau kuat sekali dapat diandalkan. Dengan koefisien determinasi sebesar 99,0% menunjukkan bahwa besarnya kontribusi metode diskusi (X1) dan minat belajar (X2) secara bersama- sama terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam.(Y) adalah sebesar 99,0%, Hal ini bisa disimpulkan bahwa saat peserta didik mengikuti belajar dengan metode diskusi yang
disertai minat belajar yang baik maka akan mempunyai prestasi belajar pendidikan agama Islam yang baik pula. NilaiSig = 0.000 dan Fhitung = 2910,398 sedangkan Ftabel= 3,15. Fhitung>Ftabel, maka Ho ditolak yang berarti bahwa koefisien regresitersebut signifikan. Dengan kata lain bahwa terdapat hubungan yang signifikan variabel bebas metode diskusi (X1) dan minat belajar (X2) secara bersama-sama dengan presta si belajar pendidikan agama Islam (Y).

Article Details

How to Cite
HAKIM, Abdul; IBDALSYAH, H.; INDRA, H. Hasbi. 1 HUBUNGAN PERSPEKTIF SISWA TENTANG METODE DISKUSI DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. PROSIDING BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], p. 1-13, aug. 2018. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PSBKI/article/view/119>. Date accessed: 12 june 2021.
Issue
Section
Articles