Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di MI Tamhidiyah

Main Article Content

Rofahtul Awalia Chodidjah Makarim Mukhtar Mukhtar

Abstract

Keberhasilan suatu pendidikan sangat ditentukan oleh berbagai faktor pendukung, baik faktor internal maupun eksternal. Kedua faktor tersebut saling terkait dan sangat berpengaruh dalam pendidikan, sehingga dapat menentukan keberhasilan pencapain tujuan dari pendidikan tersebut. Salah satu faktornya yaitu faktor dari dalam keluarga.Orang tua memegang peran penting, kerena orang tua adalah pendidik utama dan pertama dalam kehidupan anak dan pola asuh orang tua adalah bagian terpenting adakah hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas 5. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Survey. Penelitian ini dilaksanakan di MI Tamhidiyah Caringin Kabupaten Bogor pada satu kelas, yaitu kelas 5 jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket mengenai pola asuh orang tua dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa menggunakan nilai rata-rata siswa. Data-data tersebut dianalisis menggunakan Koefisien Korelasi Uji Product Moment. Hasil penelitian yang di dapat dengan uji tabel r hitung yaitu 0,662, setelah itu berkonsultasi dengan tabel r dengan df sebesar 40 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,263. Hasil perhitungan diperoleh nilai r tabel yaitu 0,662 > 0,263 hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa cukup adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa.

Article Details

How to Cite
AWALIA, Rofahtul; MAKARIM, Chodidjah; MUKHTAR, Mukhtar. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di MI Tamhidiyah. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 329-336, dec. 2019. ISSN 2685-5119. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/513>. Date accessed: 17 june 2021.
Section
Articles