Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab

Main Article Content

Hanifal Fauzy AH Zainal Arief Muhyani Muhyani

Abstract

Dalam dunia pendidikan ada beberapa masalah dalam pembelajaran seperti masalah dari segi sarana pembelajaran, alokasi waktu, guru dan dari segi siswa. Banyaknya siswa di Smp dari berbagai latar belakang menganggap bahwa belajar bahasa Arab adalah hal yang sulit mereka belum terbiasa menggunakan bahasa Arab di dalam kelas maupun di dalam rumah, maka itu peran minat baik intrinsik maupun ekstrinsik sangat di perlukan. Dengan minat siswa dapat mengembangkan aktivitas dan inisiatif, yang dapat mengarahkan dan memelihara dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Untuk belajar sangat di perlukan adanya minat, hasil belajar akan menjadi optimal, jika ada minat. Semakin kuat minat yang dimiliki, akan semakin berhasil pula pelajaran itu. Jadi minat akan senantiasa menentukan intensitas usaha belajar para siswa. Maka dari itu tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar bahasa Arab yang dilaksanakan di SMP Plus Awwaliyah Al-Asiyah dengan responden penelitian adalah murid dengan populasi 473 yang diambil secara proporsional random sampling sejumlah 217 siswa. Metode yang digunakan yaitu survey dan teknik analisis data, dan dari hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara minat belajar dengan hasil belajar bahasa Arab dengan koefisien korelasi sebesar 0,794 dan koefisien determinasi sebesar 0,6319 yang berarti bahwa 63,19% hasil belajar bahasa Arab dapat dihasilkan dari adanya minat belajar.

Article Details

How to Cite
AH, Hanifal Fauzy; ARIEF, Zainal; MUHYANI, Muhyani. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 303-307, dec. 2019. ISSN 2685-5119. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/511>. Date accessed: 17 june 2021.
Section
Articles