Pendidikan Karakter Abad 21 Dalam Perspektif Islam

Main Article Content

Irman Sumantri

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Allah, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Tulisan ini bertujuan untuk Memahami formulasi konsep pendidikan karakter prespektif Islam. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Data-data dikumpulkan dari berbagai referensi; baik primer, sekunder, maupun data pendukung. Data-data yang ada dianalisis dengan pendekatan hermeneutik dengan cara content analysis (analisis isi). Beberapa konsep pendidikan karakter yang dapat diungkap adalah Pertama, karakter akhlak yang mencakup karakter moral seperti iman, takwa, jujur, rendah hati; Kedua. karakter kinerja mencakup kerja keras, ulet, tanggung jawab, dan pantang menyerah.

Article Details

How to Cite
SUMANTRI, Irman. Pendidikan Karakter Abad 21 Dalam Perspektif Islam. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 286-302, dec. 2019. ISSN 2685-5119. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/510>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles