Metode Pengajaran Hadist Untuk Tingkat Dasar (PAUD/TK/TPA/MI/SD)

Main Article Content

Muhammad Irfanudin Kurniawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan metode pengajaran materi hadits yang menggunkana tahapan-tahapan pengajaran Herbart. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang menggunakan cara untuk mendapatkan data informasi dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan, seperti buku-buku, majalah, dokumen, catatan, kisah-kisah sejarah. Guru mendapatkan banyak sekali cara untuk memberikan stimulus untuk memahami dan menghafalkan hadits-hadits. Guru tidak hanya menjadikan siswa sebagai objek pendidikan atau gelas kosong yang terus diisi, tapi dijadikan akar pohon yang sedang tumbuh. Dengan meberikan stimulus maka akar itu terus menggali dan mencari sumber-sumber makanan untuk pertumbuhannya. Dengan menggunakan metode Herbart, hadit-hadits yang sampaikan bisa dipahami, dihafalkan dan dipraktekan secara langsung. Maka, metode ini telah menghimpun tiga aspek dalam ilmu yaitu kongnitif berupa hafalam, afektip berupa pemahaman dan psikomotorik berupa pengamalan.

Article Details

How to Cite
KURNIAWAN, Muhammad Irfanudin. Metode Pengajaran Hadist Untuk Tingkat Dasar (PAUD/TK/TPA/MI/SD). The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 267-285, dec. 2019. ISSN 2685-5119. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/509>. Date accessed: 17 june 2021.
Section
Articles