Hubungan Kinerja Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa

Main Article Content

Awaliatul Fajri Imas Kania Rahman Santi Lisnawati

Abstract

Pada era saat ini, bahwa bangsa Indonesia makin sadar akan pentingnya upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, jujur, terampil dan profesional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini perlu dilakukan mengingat sumber daya manusia yang berkualitas mempunyai peran yang sangat penting dalam melaksanakan pembangunan disegala bidang agar bangsa Indonesia bisa bersaing dengan Negara lain. Salah satu aspek yang berfungsi dan berperan dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas adalah pendidikan. Pada kondisi lembaga pendidikan dinegara kita saat ini masih ada beberapa permasalahan klasik yaitu kurangnya sarana prasarana, fasilitas sekolah, keadaan gedung yang kurang memadai, serta kualitas kinerja guru yang belum memenuhi kompetensi dan kebijakan-kebijakan kurang produktif. Dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan (sekolah) tidaklah mudah, karena itu masyarakat akan bersaing untuk mencari sekolah yang terbaik bagi putra-putrinya. Sekolah yang tidak mampu menunjukkan kualitas terbaiknya akan di tinggalkan oleh masyarakat (orang tua). Maka dari itu tujuan penelitian ini dilakukan untuk mempelajari hubungan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Plus Awwaliyah Al-Asiyah, Cibinong Kabupaten Bogor. Responden penelitian adalah siswa dengan populasi 473 yang di ambil secara proporsional random sampling. Sedangkan metode yang digunakan yaitu survey dan teknik analisis data, dan dari hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,6916 dan koefisien determinasi sebesar 0,4783 yang berarti bahwa 47,83% prestasi belajar siswa dapat dihasilkan dari adanya kinerja guru.

Article Details

How to Cite
FAJRI, Awaliatul; RAHMAN, Imas Kania; LISNAWATI, Santi. Hubungan Kinerja Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 260-266, dec. 2019. ISSN 2685-5119. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/508>. Date accessed: 17 june 2021.
Section
Articles