Kurikulum Pendidikan Akhlak Kepada Allah di SMPIT (Analisis Kitab Riyadhush Shalihin dan SMPIT At-Taufiq Bogor)

Main Article Content

Ahmad bin Umar Bamualim Abdul Hayyie Al Kattani Nirwan Syafrin

Abstract

Dunia pendidikan saat ini sangat memprihatinkan. Kurikulum pendidikan akhlak Islami yang telah disahkan oleh pemerintah Indonesia tidak mendapatkan porsi yang cukup untuk diajarkan dan ditanamkan kepada peserta didik, khususnya akhlak kepada Allah. Semua praktek kekejian akhlak di atas tentunya disebabkan kelemahan pada iman, atau dengan kata lain berakar dari lemahnya akhlak kepada Allah. Untuk itu pada penelitian ini penulis menganalisis konsep akhlak kepada Allah dalam kitab Riyadhush Shalihin karangan Imam Nawawi dan kurikulum di SMPIT At-Taufiq Bogor.. Penelitian ini membahas konsep Imam Nawawi dalam mendeskripsikan akhlak kepada Allah melalui kitab Riyadhush Shalihin, dan juga meneliti kurikulum SMPIT At-Taufiq, mulai dari tujuan kurikulum pendidikan akhlak kepada Allah, materi yang berkenaan dengan Akhlak kepada Allah, metode dalam pengajaran akhlak kepada Allah, dan evaluasi kurikulum akhlak kepada Allah. Kemudian penulis mengeluarkan gagasan atau ide kurikulum akhlak kepada Allah yang relevan pada kitab Riyadhush Shalihin dan kurikulum SMPIT At-Taufiq Bogor untuk dijadikan sebagai bagian dari kurikulum di SMPIT. Hasil dari penelitian ini terdapat banyak konsep Akhlak kepada Allah dalam kitab Riyadhush Shalihin dan sebagian besar kurikulum SMPIT At-Taufiq Bogor yang sangat relevan untuk diterapkan pada kurikulum akidah akhlak di SMPIT. Juga menimbang SMPIT At-Taufiq Bogor yang selalu mengedepankan Al-Quran dan As-Sunnah dan aqwal ulama Ahlus Sunnah Waljama’ah dalam mengajarkan kurikulum akhlak.

Article Details

How to Cite
BAMUALIM, Ahmad bin Umar; KATTANI, Abdul Hayyie Al; SYAFRIN, Nirwan. Kurikulum Pendidikan Akhlak Kepada Allah di SMPIT (Analisis Kitab Riyadhush Shalihin dan SMPIT At-Taufiq Bogor). The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 206-221, dec. 2019. ISSN 2685-5119. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/504>. Date accessed: 17 june 2021.
Section
Articles