Pengaruh Pemahaman Sains Barat Peserta Didik Terhadap Perilaku Keagamaan

Main Article Content

Akhmad Wahyudi Budi Handrianto

Abstract

Sebagaimana amanat yang tertuang dalam Undang-Undang No. 20 tahun 2003 bahwa inti tujuan Pendidikan Nasional adalah melahirkan manusia yang beriman dan bertaqwa. Ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai keimanan merupakan tujuan utama pendidikan di Indonesia sehingga semua proses belajar haruslah dilandasi oleh tujuan ini. khususnya pada pembelajaran Sains di sekolah. Namun pembelajaran Sains di sekolah maupun diperguruan tinggi masih dipengaruhi oleh teori dan pemikiran dari Barat. Hal tersebut berdampak terhadap perilaku keagamaan peserta didik. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti sejauh mana pengaruh pemahaman Sains Barat peserta didik terhadap perilaku keagamaan. Selanjutnya penelitian ini dilakukan terhadap 250 siswa SMP kelas IX di sekolah Negeri dan Swasta yang tersebar di wilayah kecamatan Ciampea dengan metode penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif, korelasi bivariat dan regresi sederhana. Hasil penelitian menyebutkan bahwa adanya pengaruh pemahaman peserta didik terhadap Sains Barat sebesar 5,7% terhadap perilaku keagamaan. Selain itu pemahaman Sains yang tidak dilandasi nilai-nilai Islam/Katuhanan (Sains Barat) berhubungan negatif dengan perilaku keagamaan siswa. Sehingga bisa dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat pemahaman Sains Barat maka perilaku keagamaan siswa semakin rendah.

Article Details

How to Cite
WAHYUDI, Akhmad; HANDRIANTO, Budi. Pengaruh Pemahaman Sains Barat Peserta Didik Terhadap Perilaku Keagamaan. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 197-205, dec. 2019. ISSN 2685-5119. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/503>. Date accessed: 17 june 2021.
Section
Articles