Strategi Metode Active Learning “Team Quiz” Terhadap Motivasi Belajar Dan Karakter Disiplin Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti

Main Article Content

Muhammad Yusup Imas Kania Rahman Hasbi Indra

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan yakni: (1) Setelah penerapan metode Active Learning “Team Quiz” motivasi peserta didik untuk mempelajari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti lebih meningkat. Dibuktikan dengan nilai rata-rata dari kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Yaitu 74,46 untuk kelas eksperimen dan 70,71 untuk kelas kontrol. Hal ini karena dalam proses pembelajaran peserta didik bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Bukti dari semangat mereka dilihat dari mereka yang saling bekerja sama dalam melakukan pengamatan, diskusi dengan kelompoknya, membuat suatu kesimpulan dengan teman sekelompoknya dan tidak adanya peserta didik yang mengantuk ataupun tertidur selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu antusias mereka juga dapat dilihat dari kemauan mereka untuk menjelaskan suatu konsep dengan kalimat sendiri, dan saling mendengar secara kritis penjelasan antar peserta didik atau guru. (2) Penulis dalam penelitian tesis ini meneliti indikator karakter disiplin menjadi empat macam, yaitu: (a) Disiplin menaati dan mematuhi peraturan dan tata tertib madrasah, (b) Disiplin masuk tepat waktu, (c) Disiplin terhadap kegiatan belajar di sekolah (di kelas) dan (d) Disiplin dalam mengerjakan tugas- tugas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, seperti menghafal ayat- ayat al- Qur’ an dan hadis di rumah dan latihan mengartikan mufrodat ayat dan hadish.

Article Details

How to Cite
YUSUP, Muhammad; RAHMAN, Imas Kania; INDRA, Hasbi. Strategi Metode Active Learning “Team Quiz” Terhadap Motivasi Belajar Dan Karakter Disiplin Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 169-177, dec. 2019. ISSN 2685-5119. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/500>. Date accessed: 21 june 2021.
Section
Articles