Hubungan Regulasi Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Prestasi Akademik Siswa

Main Article Content

Mohamad Thohirudin Herawati Herawati Santi Lisnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara regulasi diri, motivasi belajar, dengan prestasi akademik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Kemang Tahun Ajaran 2018-2019 yang berjumlah 427 siswa, dan sampel yang diambil berjumlah 400 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis menggunakan teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda serta teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Makin tinggi regulasi diri siswa maka akan memacu siswa mendapatkan prestasi akademik yang baik di sekolah (2) Makin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi pula prestasi akademik siswa yang akan diraih di sekolah (3) Makin tinggi dan efektifnya regulasi diri dan motivasi belajar siswa maka semakin tinggi pula prestasi akademik siswa yang akan dicapai di sekolah. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan positif antara regulasi diri dengan prestasi akademik siswa dengan persamaan regresi linier , (2) Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi akademik siswa, dengan persamaan regresi linier Y = 32,383 + 0,427X2 (3) Terdapat hubungan positif antara regulasi diri dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi akademik siswa dengan persamaan regresi linier 0,357 .

Article Details

How to Cite
THOHIRUDIN, Mohamad; HERAWATI, Herawati; LISNAWATI, Santi. Hubungan Regulasi Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Prestasi Akademik Siswa. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 159-168, dec. 2019. ISSN 2685-5119. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/499>. Date accessed: 17 june 2021.
Section
Articles