Efektivitas Bimbingan Gestalt Profetik Untuk Meningkatkan Keimanan Siswa Kelas X Di SMAN 10 Kota Bogor
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik permainan gestalt profetik dapat mempengaruhi keimanan remaja di kelas X SMAN 10 Kota Bogor. Keimanan remaja muslim disekolah umum kita ketahui bahwa sedikit mendapatkan ilmu agama. Mereka hanya mendapatkan pelajaran agama Islam 3 jam dalam waktu satu minggu. Untuk itu peneliti melakukan eksperimen dengan menggunakan salah satu pendekatan yaitu dengan teknik permainan gestalt. Permainan tersebut siswa diajak untuk menyadari tugas dan fungsi dirinya sebagai ciptaan Allah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen atau disebut juga eksperimen semu dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian ini dianalisis dari hasil pretes sebesar 75% kemudian hasil posttest sebesar 87% yang menunjukkan peningkatan sebesar 12%. Maka, dapat disimpulkan bahwa permainan ini dapat membantu siswa agar lebih dekat dengan Allah.