Hubungan Pemahaman Toleransi Beragama Terhadap Sikap Sosial Siswa

Main Article Content

Nabila Hadi Syabibi Fahmi Irfani Kholil Nawawi

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai hubungan pemahaman toleransi beragama terhadap sikap sosial siswa. Karena sikap sosial yang dimiliki oleh setiap siswa itu sangatlah penting dan dapat menjadi penilaian dari materi apa saja yang mereka dapatkan baik di sekolah maupun di rumah mereka. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi. Dengan jumlah populasi 384 dengan sampel yang diambil sejumlah 39 responden. Berdasarkan dari hasil penelitian tentang pemahaman toleransi beragama dengan sikap sosial siswa maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman toleransi beragama dengan sikap sosial siswa. Hal ini dapat di lihat dari penelitian di atas yang menyimpulkan hasil uji analisis hubungan antara variabel pemahaman toleransi beragama dengan variabel sikap sosial siswa di MAN 2 Kota Bogor terdapat hubungan yang kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,603. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin baik pemahaman toleransi beragama maka menimbulkan sikap sosial siswa yang semakin baik pula.

Article Details

How to Cite
SYABIBI, Nabila Hadi; IRFANI, Fahmi; NAWAWI, Kholil. Hubungan Pemahaman Toleransi Beragama Terhadap Sikap Sosial Siswa. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 67-71, dec. 2019. ISSN 2685-5119. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/490>. Date accessed: 26 june 2022.
Section
Articles