Strategi Penerapan Metode Cooperative Script Pada Pelajaran Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Yayah Siti Hamiyah Santi Lisnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode cooperative script pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Izzatul Islam Parung Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (Quasi Experimental Design) dengan rancangan Pre-test dan post-test Control Group design. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu penerapan metode cooperative script dan hasil belajar siswa. Populasi berjumlah 46 orang terdiri dari kelas X-A sebagai kelas kontrol dan X-B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan Pre-test dan post-test dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan nilai rata-rata kelas kontrol saat dilakukan pre-test mendapat nilai 59,78, dan nilai rata-rata saat post-test mendapat nilai 70,86. Sedangkan rata-rata kelas eksperimen dilaksanakan pre-test mendapat nilai 60,21 dan nilai rata-rata saat post-test mendapat nilai 81,52. Dapat dilihat perbedaan antara dua kelas tersebut, kelas eksperimen lebih signifikan dan unggul dibandingkan dengan kelas kontrol, hal ini dikarenakan penggunaan metode cooperative script dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Article Details

How to Cite
HAMIYAH, Yayah Siti; LISNAWATI, Santi. Strategi Penerapan Metode Cooperative Script Pada Pelajaran Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 50-58, dec. 2019. ISSN 2685-5119. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/488>. Date accessed: 26 june 2022.
Section
Articles