Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Public Speaking Pelajaran Matematika Kelas 5
Main Article Content
Abstract
Pendidikan sekolah dasar diselenggarakan untuk mengembangkan sikap, kemampuan, memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar. Salah satunya adalah kemampuan public speaking. Model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkannya yaitu model pembelajaran two stay two stray. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan public speaking. Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket. Hasil penelitian yang didapat pada kelas eksperimen adalah data posttest sebesar 81,91. Pada kelas kontrol diperoleh data posttest sebesar 57,27. Hasil perhitungan diperoleh nilai t sebesar 0,290, hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Dan dari hasil perhitungan independent samples test didapatkan mean difference 24,636. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan kemampuan public speaking siswa.