Pelatihan Pengolahan Menu Diet dan Olahraga Pada Kader Kelompok Prediabetes Dalam Upaya Peningakatan Keterampilan Pencegahan Diabetes di Aceh Barat

  • enda silvia putri Public Health Faculty, Teuku Umar University
  • khairunnas khairunnas Prodi Gizi FKM Universitas Teuku Umar
  • Marniati Marniati Prodi Kesmas FKM Universitas Teuku Umar

Abstract

Prevalensi DM di Aceh Barat juga masih tinggi, terlihat dari survey awal yang pengabdi lakukan bahwa kasus DM masih termasuk dalam sepuluh besar penyakit tidak menular di setiap Puskesmas di Aceh Barat, bahkan kasus juga meningkat setiap tahunnya berdasarkan data dariĀ  RSUD Cut Nyak Dhien Aceh Barat. Faktor penyebab yang sering muncul adalah kebiasaan pola makan dan olahraga yang kurang baik. Tujuan pengabdian ini telah berfokus pada pelatihan kader prediabetes dalam pengoalahan menu diet dan olahraga anti diabetes, sehingga kader mampu mengaplikasikan pada keluarga dan masyarakat yang berisiko dan mengidap diabetes. Metode pelaksanaan pengabdian diawali dengan pembentukan kader, pelatihan kader, pengontrolan dan pendampingan kader pada kelompok prediabetes, serta yang terakhir penarikan hasil pengabdian. Hasil pengabdian menunjukkan kader mampu mengajak kelompok prediabetes untuk mengatur menu diet anti diabetes, sehingga hal tersebut menjadi kebiasaan pada kader dan kelompok prediabetes. Simpulan pelatihan yang berkala mampu meningkatakan pengetahuan dan ketrampilan kader, penerapan pola makan dan olahraga mampu membentuk kebiasaan dan mengontrol kadar gula darah responden.

Published
2021-11-09
How to Cite
PUTRI, enda silvia; KHAIRUNNAS, khairunnas; MARNIATI, Marniati. Pelatihan Pengolahan Menu Diet dan Olahraga Pada Kader Kelompok Prediabetes Dalam Upaya Peningakatan Keterampilan Pencegahan Diabetes di Aceh Barat. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 548-555, nov. 2021. ISSN 2620-5165. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/973>. Date accessed: 07 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i4.973.
Section
Articles