OPTIMALISASI PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PENCEGAHAN COVID-19 SELAMA MASA PANDEMI DI PUSKESMAS LAO, KABUPATEN MANGGARAI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

  • Maria Sriana Banul Unika Santu Paulus Ruteng
  • Dionesia Octaviani Laput Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng
  • Maria Suryanti Manur Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng

Abstract

COVID-19 merupakan salah satu wabah yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Ibu hamil tercatat sebagai salah satu kelompok  rentan resiko terinfkesi COVID-19 karena adanya perubahan fisiologis pada masa kehamilan yang menyebabkan penurunan kekebalan parsial. Kegiatan ini dilakukan di Puskesmas Lao. Jumlah peserta yaitu 21 orang ibu hamil. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang pencegahan COVID-19 selama masa kehamilan. Metode kegiatan adalah memberikan penyuluhan, demonstrasi dan diskusi dengan para peserta. Pengetahuan ibu hamil dinilai melalui hasil pengisian kuesioner yang diisi oleh peserta sebelum dan sesudah kegiatan serta hasil tanya jawab pada akhir kegiatan. Pengetahuan ibu hamil setelah mengikuti kegiatan ini dilaporkan meningkat. Diharapkan peningkatan pengetahuan ini, ibu hamil dapat memiliki sikap dan perilaku yang baik untuk menjaga kesehatannya selama hamil agar terhindar dari COVID-19.

Published
2021-11-09
How to Cite
BANUL, Maria Sriana; LAPUT, Dionesia Octaviani; MANUR, Maria Suryanti. OPTIMALISASI PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PENCEGAHAN COVID-19 SELAMA MASA PANDEMI DI PUSKESMAS LAO, KABUPATEN MANGGARAI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 502-508, nov. 2021. ISSN 2620-5165. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/937>. Date accessed: 07 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i4.937.
Section
Articles