ANALISIS SOSIOPRAGMATIK TINDAK TUTUR CYBERBULLYING DI GRUP WHATSAPP PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS6

  • Eska Perdana Prasetya Universitas Ibn Khaldun

Abstract

Bullying itu adalah sesuatu perilaku kekerasan dengan adanya pemaksaan secara psikologis, sosial, dan akademik, jenis-jenis bullying itu bisa dikategorikan sebagai berikut: Bullying fisik, Bullying Lisan , Bullying Relasional  Bullying Elektronik atau Cyberbullying . Cyberbulling itu adalah suatu fenomena bullying yang terjadi di media sosial dengan menggunakan teknologi informasi. Sembilan macam tipe cyberbullying: Flaming, Online harassment, Identity theft/impersonation, Outing, Exclusion/ostracism, Misinformation/Denigration, Cyber stalking, Happy slapping, and Sexting. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi,wawancara dan elastase sebagai instrumennya. sosiopragmatik adalah studi tentang bentuk-bentuk ujaran dalam kaitannya dengan konteks sosial penutur, seperti jenis kelamin, karier, latar belakang budaya, etnis, konvensi, perilaku, atau gaya. Ciri karakteristik peserta didik anak SD sebagai berikut: minat terhadap kehidupan praktis sehari-hari, ingin tahu dan belajar, ada minat terhadap pelajaran khusus, berusaha menyelesaikan sendiri, memandang nilai rapor sebagai prestasi sekolah, dan gemar membentuk kelompok sebaya. Kalimat yang sering dilontarkan di cyber bullying adalah tentang hinaan fisik, atau body shaming, menyebarkan kebohongan tentang temannya, menuliskan yang memalukan/menyakitkan, dan suatu pengacaman. Namun faktor yang paling penting dalam cyberbullying adalah peran dari orangtua dan guru. Peran orangtua adalah epndamping dan pemberi nasehat ketika anaknya mendapat bullying. Sebagai guru harus mempunyai peran serta sebagai pengawas dan pemberi semangat.

Published
2021-08-26
How to Cite
PRASETYA, Eska Perdana. ANALISIS SOSIOPRAGMATIK TINDAK TUTUR CYBERBULLYING DI GRUP WHATSAPP PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS6. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 484-494, aug. 2021. ISSN 2620-5165. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/933>. Date accessed: 09 dec. 2022.