PENERAPAN PEMASARAN DIGITAL PADA USAHA MIKRO DAN KECIL DI SEKOLAH KEWIRAUSAHAAN CORDOVA BINA AMANAH

  • Soeharjoto Soekapdjo Universitas Trisakti
  • Debbie Aryani Tribudhi Universitas Trisakti
  • Cicely Delfina Harahap Universitas Trisakti
  • Dini Hariyanti Universitas Trisakti
  • Erny Tajib Universitas Trisakti

Abstract

Usaha mikro dan kecil di Indonesia terbukti dapat bertahan pada masa krisis ekonomi hingga datangnya pandemi Covid-19. Keadaan ini, membawa perubahan besar pada perilaku konsumsi masyarakat yang mengakibatkan menurunya pendapatan. Kegiatan ini, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan guna meningkatkan pendapatan Usaha mikro dan kecil pada era new normal di Sekolah Kewirausahaan Cordova Bina Amanah. Untuk itu, peserta pengabdian kepada masyarakat diberikan materi struktur pasar, media pemasaran dan biaya media pemasaran, dengan menggunakan metode pendidikan dan pelatihan. Aktivitas ini, dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan dari materinya menjadi rata-rata sebesar 79,67 persen. Namun, kegiatan ini sebaiknya dilakukan secara berkesinambungan, waktunya ditambah dengan materi yang beragam terkait dengan teknologi digital, serta penyampaiannya dengan online dan offline. Disamping itu, peserta sebagai pelaku usaha perlu menerapkan promosi dengan teknologi digital, membangun personal branding, inovasi dan diversifikasi produk, serta usahanya terdaftar  pada Dinas Koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Published
2021-09-01
How to Cite
SOEKAPDJO, Soeharjoto et al. PENERAPAN PEMASARAN DIGITAL PADA USAHA MIKRO DAN KECIL DI SEKOLAH KEWIRAUSAHAAN CORDOVA BINA AMANAH. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 342-351, sep. 2021. ISSN 2620-5165. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/881>. Date accessed: 09 dec. 2022.