COVID-19 DI TEMPAT KERJA: UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN LESSON LEARN PADA MASA PANDEMI DENGAN PENDEKATAN ONLINE LEARNING

  • David Kusmawan Universitas Jambi

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh dosen di Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi ini mengangkat tema current situation terkait pandemi COVID-19 di tempat kerja. Pengabdian ini diselenggarakan secara daring dengan metode webinar sebagai salah satu metode kerja di masa pandemi. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan penyuluhan dari pakar di bidang K3 kepada mahasiswa, pemerhati dan praktisi K3 terkait strategi pencegahan COVID-19 di tempat kerja dari perspektif kesehatan dan keselamatan kerja serta lesson learn dari implementasinya di RSDC Wisma Atlet Jakarta. Strategi yang diterapkan mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh OSHA, WHO dan ACGIH. Sedangkan lesson learn terkait implementasi K3 di RSDC Wisma Atlet adalah implementasi K3RS di RSDC Wisma Atlet sangat diperlukan dengan berbagai macam pengembangan dan updating kebijakan karena situasi pandemic COVID-19 yang memberikan tantangan tersendiri. Implikasi dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) webinar nasional dengan tema current condition ini berdasarkan pemaparan dan hasil diskusi via daring atau online learning salah satunya yaitu meningkatkan pemahaman dan awareness peserta terkait COVID-19 di tempat kerja dengan berbagai macam prosedur dan langkah pengendalian yang bisa dilakukan, serta menambah wawasan dan gambaran implementasi K3RS di RSDC Wisma Atlet sebagai RS rujukan COVID-19.

Published
2021-03-01
How to Cite
KUSMAWAN, David. COVID-19 DI TEMPAT KERJA: UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN LESSON LEARN PADA MASA PANDEMI DENGAN PENDEKATAN ONLINE LEARNING. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 117-123, mar. 2021. ISSN 2620-5165. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/841>. Date accessed: 15 june 2021. doi: https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i1.841.
Section
Articles