EDUKASI GIZI, PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH (TTD) DAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PADA IBU HAMIL DI ERA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS 23 ILIR PALEMBANG

  • Podojoyo . Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palembang
  • Eliza . Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palembang
  • M. Yusuf Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palembang

Abstract

Masa kehamilan merupakan masa pertum­buhan dan perkembangan janin menuju masa kelahiran sehingga gangguan gizi yang terjadi pada masa kehamilan akan berdampak besar bagi kesehatan ibu maupun janin. Salah satu masalah gizi yang banyak terjadi pada ibu hamil adalah anemia yang merupakan masalah gizi mikro ter­besar dan tersulit diatasi di seluruh dunia. Pengentasan masalah pada ibu hamil anemia adalah dengan memberikan edukasi gizi tentang gizi yang baik untuk ibu hhamil, pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) dan pemberian makanan tambahan pada ibu hamil. Edukasi gizi terbukti efektif meningkatkan pengetahuan ibu hamil dan kader. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu hamil dan kader dalam pencegahan dan penanganan anemia pada ibu hamil di era pandemi Covid 19.  Metode yang digunakan adalah penyuluhan gizi tentang makanan bergizi untuk ibu hamil dan pemberian Tablet Tambah Darah. Pre dan Post test sebelum dan setelah diberikan edukasi gizi.  Hasil kegiatan berdampak positif bagi peserta dimana sebagian besar ibu hamil dan kader mengalami peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah diberikan penyuluhan.


 
Published
2021-03-01
How to Cite
., Podojoyo; ., Eliza; YUSUF, M.. EDUKASI GIZI, PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH (TTD) DAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PADA IBU HAMIL DI ERA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS 23 ILIR PALEMBANG. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 110-116, mar. 2021. ISSN 2620-5165. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/840>. Date accessed: 15 june 2021. doi: https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i1.840.
Section
Articles