SOSIALISASI PENERAPAN SOCIAL DISTANCING PEMBAGIAN PAKET SEMBAKO PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KAMPUNG CIPICUNG DESA MEKARSARI KECAMATAN CILEUNGSI KABUPATEN BOGOR TAHUN 2020

  • Eny Dwimawati Universitas Ibn Khaldun

Abstract

Penyebaran Covid-19 yang begitu cepat dan tidak terkendali membutuhkan upaya dari pemerintah dan peran masyarakat untuk memutus rantai penularan virus tersebut.  Pencegahan dan pengendalian infeksi covid-19 harus dilakukan melalui kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah pusat sampai pemerintah daerah.  Setiap daerah mempunyai data penyebaran dan korban yang berbeda-beda, sehingga dalam menetapkan kebijakan juga akan berbeda, akan tetapi tetap berpedoman pada kebijakan pemerintah pusat. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mensosialisasikan praktik social distancing bersamaan dengan waktu pelaksanaan bantuan sosial kepada masyarakat betepatan dengan masa pandemi yaitu 12 Mei 2020 pada Bulan Ramadhan 1441 H di Al-Fityan Boarding School Bogor. Metode yang  digunakan adalah metode didaktik, dimana penyuluhan dilakukan satu arah oleh pemateri/petugas kepada peserta yang mendengarkan tetapi tidak diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. Sasaran dalam sosialisasi penerapan social distancing adalah warga penerima bantuan sebesar 225 kepala keluarga dan karyawan sekolah sebesar 82 orang. Bantuan sosial berupa sembako diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat yang berkaitan dengan ketahanan pangan tetapi pelaksanaannya tidak mengabaikan protokol kesehatan agar masyarakat dan petugas terhindar dari penularan covid-19.

Published
2021-03-01
How to Cite
DWIMAWATI, Eny. SOSIALISASI PENERAPAN SOCIAL DISTANCING PEMBAGIAN PAKET SEMBAKO PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KAMPUNG CIPICUNG DESA MEKARSARI KECAMATAN CILEUNGSI KABUPATEN BOGOR TAHUN 2020. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 92-99, mar. 2021. ISSN 2620-5165. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/837>. Date accessed: 15 june 2021. doi: https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i1.837.
Section
Articles