PENDAMPINGAN PEMBUATAN SOAL EVALUASI DAN TUGAS ADMINISTRATIF GURU DENGAN MEMANFAATKAN GOOGLE FORM

  • jayanti putri purwaningrum universitas muria kudus
  • Latifah Nur Ahyani Universitas Muria Kudus

Abstract

Pembuatan soal evaluasi masih sering menjadi bagian dalam kegiatan belajar mengajar yang dirasa melelahkan, mulai dari pembuatan soal evaluasi sampai tahap mengoreksi jawaban siswa serta memberikan nilai akhir. Hal ini dirasakan oleh guru-guru di SD 2 Puyoh. Selain hal tersebut, guru-guru di SD 2 Puyoh masih dibebankan untuk membuat tugas administratif yang juga sangat menyita waktu dan tidak mudah dilakukan. Dengan adanya pengabdian ini, diharapkan dapat sangat menunjang guru-guru di SD 2 Puyoh dalam memanfaatkan aplikasi google form. Solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdian yaitu mengadakan pengabdian tentang pendampingan pembuatan soal evaluasi dan tugas administratif guru dengan memanfaatkan google form . Dengan demikian, produk yang dihasilkan berupa soal evaluasi yang dapat diakses secara daring melalui google form dan tugas administrative menjadi lebih sistematsis. Pelaksanaan pengabdian dibagi dalam beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, follow-up dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu guru-guru di Kabupaten Kudus dapat: 1) menggunakan google form untuk membuat soal evaluasi siswa; 2) mempermudah pengelolaan tugas administrasi guru; 3) memperoleh informasi dan pengetahuan tentang pemilihan strategi evaluasi dalam proses pembelajaran selama pandemic covid-19; dan 4) memperoleh tambahan pengalaman dalam menerapkan inovasi pembelajaran. Hasil dari kegiatan pengabdian dapat digunakan sebagai tambahan referensi dalam memilih strategi yang efektif

Published
2021-03-01
How to Cite
PURWANINGRUM, jayanti putri; NUR AHYANI, Latifah. PENDAMPINGAN PEMBUATAN SOAL EVALUASI DAN TUGAS ADMINISTRATIF GURU DENGAN MEMANFAATKAN GOOGLE FORM. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 136-144, mar. 2021. ISSN 2620-5165. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/836>. Date accessed: 15 june 2021. doi: https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i1.836.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)