PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA BANYU RESMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP MELALUI BIDANG PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN EKONOMI

  • Fitria Rachmawati Universitas Ibn Khaldun
  • Mohamad Sahril Universitas Ibn Khaldun
  • Paqih Baihaqi Universitas Ibn Khaldun
  • Sinta . Universitas Ibn Khaldun

Abstract

Pembahasan terkait dengan tujuan pemberdayaan, Sulistiyani (2004) menjelaskan bahwa tujuan yang ingin dicapai dari pemberdayaan masyarakat adalah untuk membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri. Kemandirian tersebut meliputi kemandirian berpikir, bertindak dan mengendalikan apa yang mereka lakukan. Perlunya upaya pemberdayaan adalah berangkat dari kenyataan masih lemahnya posisi sebagian besar masyarakat dalam menuntut hak dan menjalankan kewajibannya ditunjukkan dengan kurang aksesnya mereka terhadap beberapa fasilitas, misalnya informasi, teknologi, permodalan usaha, hukum, dan kesehatan Berbagai kelemahan akses tersebut diawali dengan rendahnya tingkat pendidikan yang dimiliki oleh masyarakat kita terutama di pedesaaan yang ada di Kp Kenanga RT 04/06, Desa Banyu Resmi, Kec. Cigudeg, Kab. Bogor. Pelaksanaannya dalam masyarakat ataupun sekolah di wujudkan dengan pelatihan skill, mengajar dan tak lupa pentingnnya menanamkan akhlaqul karimah merupakan pondasi terpenting dalam segala aspek kehidupan. Dari semua pencapaian tersebut akan tercapaianya kualitas hidup yang diharapkan oleh semua masyarakat.

Published
2021-03-01
How to Cite
RACHMAWATI, Fitria et al. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA BANYU RESMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP MELALUI BIDANG PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN EKONOMI. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 21-30, mar. 2021. ISSN 2620-5165. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/829>. Date accessed: 15 june 2021. doi: https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i1.829.
Section
Articles