PELATIHAN APLIKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP ANAK-ANAK SEKOLAH DI MASA PANDEMI

  • Anindita Imam Basri Universitas PGRI Yogyakarta
  • Luis Haryadi Universitas PGRI Yogyakarta
  • Ardi Safaat Universitas PGRI Yogyakarta
  • Prastara Rangga Dito Baliawan Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan keadaan yang dialami di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Adanya kehadiran virus Covid-19 ini berdampak pada segala bidang, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Semenjak adanya pandemi saat ini, tentunya ada perubahan dalam sistem pendidikan. Pemberlakuan pembelajaran daring, memaksa peserta didik mengikuti pembelajaran dengan sistem online. Adanya hal tersebut tentunya menjadikan tantangan bagi tenaga pendidik maupun orang tua yang seharusnya mendampingi anaknya ketika pembelajaran daring berlangsung. Pembelajaran daring ini merupakan adaptasi kebiasaan baru yang harus bisa diterima dan dilaksanakan oleh tenaga pendidik maupun peserta didik. Terlaksananya pembelajaran daring ini harus ada faktor-faktor pendukung, salah satunya yaitu aplikasi yang digunakan untuk menunjang pembelajaran daring. Wilayah Dusun Gatak RT 05, Kelurahan Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, ditemukan permasalahan bahwa kurangnya sosialisasi dan pemahaman mengenai pemanfaatan aplikasi pembelajaran online, maka dari itu dibuatlah “Pelatihan Aplikasi dalam Pembelajaran Daring Terhadap Anak-anak Sekolah di Masa Pandemi”, hasil pelatihan tersebut terlihat dari adanya peningkatan yang signifikan terhadap anak sekolah yang mampu mengoperasikan aplikasi pembelajaran online, mulai dari pembuatan akun Google, Google Classroom, dan Zoom Meeting.

Published
2022-02-09
How to Cite
BASRI, Anindita Imam et al. PELATIHAN APLIKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP ANAK-ANAK SEKOLAH DI MASA PANDEMI. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 102-112, feb. 2022. ISSN 2620-5165. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/1040>. Date accessed: 01 july 2022. doi: https://doi.org/10.32832/abdidos.v6i1.1040.
Section
Articles