Ms EDUKASI KELOMPOK WANITA TANI MENGENAI SISTEM PENJUALAN DAN PENDISTRIBUSIAN HASIL PRODUKSI GREENHOUSE HIDROPONIK DESA PENEBEL

  • Dewa Ayu Putu Adhiya Garini Putri Universitas Pendidikan Nasional
  • Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani Universitas Pendidikan Nasional
  • Adie Wahyudi Oktavia Gama Universitas Pendidikan Nasional
  • Gusi Putu Lestara Permana Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Saat ini Desa Penebel merupakan salah satu desa yang fokus dalam pembangunan desa yang berbasis ekologi. Desa penebel berperan aktif untuk mendukung ketahanan pangan rumah tangga, salah satunya dengan membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT). KWT Desa Penebel dibentuk sebagai salah satu organisasi yang berletak di Desa Penebel yang tujuannya adalah untuk mengelola hasil pertanian. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat adalah kegiatan sosialisasi dan pendampingan untuk pembentukan jariangan distribusi hasil pertanian dan pendampingan yang mendukung usaha pemasaran. Berdasarkan hasil eksplorasi kegiatan eksisting, hasil distribusi hasil pertanian yang paling memungkinan adalah saluran distribusi yang berasal dari produsen hingga pengecer. Kegiatan pendistribusian produk tanaman hidroponik juga dibangun melalui media sosial seperti Instagram dan pembuatan logo dan packaging produk dari hasil greenhouse.

Published
2021-11-15
How to Cite
PUTRI, Dewa Ayu Putu Adhiya Garini et al. Ms EDUKASI KELOMPOK WANITA TANI MENGENAI SISTEM PENJUALAN DAN PENDISTRIBUSIAN HASIL PRODUKSI GREENHOUSE HIDROPONIK DESA PENEBEL. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 640-644, nov. 2021. ISSN 2620-5165. Available at: <http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/1023>. Date accessed: 07 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i4.1023.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)